Minggu, 07 Juni 2015

Contoh Penggunaan Relational Database

Setelah mempelajari relational database di kelas Sistem Informasi, saya diberi tugas untuk membuat relational database asrama mahasiswa. Pada relational database yang saya buat, saya membuat tiga tabel yaitu tabel penghuni asrama, kamar asrama serta detail transaksi. Setiap tabel terdiri dari beberapa field yang terdiri dari informasi yang detail mengenai masing-masing tabel. Setelah mengisi data 100 mahasiswa, saya membuat relationship yang menggambarkan hubungan keterkaitan antara ketiga tabel yang telah saya buat. Setelah membuat database, saya membuat 200 pertanyaan kombinasi dari tiap field yang ada hingga mampu dijawab di query. Pada query design kita hanya perlu mengisi field yang diinginkan, kemudian tekan run di pojok kiri atas untuk mendapatkan jawabannya.

Gambar 1. Relationship dari database penghuni asrama mahasiswa

2 komentar:

  1. Terima kasih infonya. Sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. Sangat menarik informasinya. Relational database sangat berguna untuk membuat database yang saling terintegrasi dan menunjukkan keterkaitan antar tabel ataupun fieldnya. Sukses dan semangat terus Windi!!

    BalasHapus