Minggu, 07 Juni 2015

Database Distributor Koran

Pada tugas akhir mata kuliah Sistem Informasi, saya ditugaskan untuk membuat sebuah relational database yang menunjang customer relationship management suatu usaha. Pada tugas ini saya menambil usaha distributor koran karena pada mata kuliah lain saya pernah meneliti distributor koran yang berada di daerah Tebet, Jakarta Barat sehingga cukup mengertai tentang kondisi yang terjadi pada usaha tersebut. Setelah tema saya disetujui, saya membuat relational database. Pembuatan tugas in mirip seperti tugas sebelumnya. Pada tugas ini saya membuat lima tabel yaitu tabel pelanggan, karyawan, supplier,jenis item yang dijual, serta detail transaksi. Kemudian keenam tabel tersebut dibuat hubungan keterkaitannya menggunakan relationship. Dengan database ini kita dapata mengetahui siapa pelanggan terloyal atau item apa yang paling banyak dicari sehingga dapat meningkatkan aktivitas customer relationship management usaha tersebut.

Gambar 1. Tabel detail transaksi

Tabel 2. Relationship pada database distributor koran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar