Minggu, 07 Juni 2015

Business Process Reengineering pada Sektor Publik

Tak hanya sektor swasta, sektor publik juga membutuhkan perubahan. Perubahan pada sektor publik dibutuhkan untuk meningkatkan efisisensi, transparansi serta kualitas pelayanan pada publik. Salah satu perubahan yang dapat dilakukan di sektor publik adalah dengan penerapan e-government. Dengan e-government, masyarakat dapat menikmati layanan publik secara online tanpa perlu datang di tempat. Namun tantangan terbesar penerapan e-government ini adalah teknologi, dimana TIK belum mampu mengubah proses bisnis yang terjadi sebenarnya.

Pada jurnal Tranformational change and business process reengineering (BPR): Lessons from the British and Deutch Sector , kita dapat mencontoh penerapan e-government yang telah sukses di Inggris dan Belanda. Temuan dari paper ini menunjukan bahwa e-government dapat sukses apabila ada sistem informasi yang terintegrasi dengan menggunakan pendekatan big-bang serta diperlukan adanya kolaborasi dari seluruh lembaga pemerintahan dan ada perubahan budaya yang substansial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar